Wujudkan Keluarga Berkualitas, DP2KBP3A Orientasi Program KKBPK

Tim Klarifikasi lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Regional III Sungai Jawi Wakili Pontianak
11/12/2019
PEMUDA HARUS TURUT AKTIF DALAM PROGRAM KKBPK
11/12/2019

Wujudkan Keluarga Berkualitas, DP2KBP3A Orientasi Program KKBPK

“Program KKBPK ini juga terintegrasi dengan program lainnya, seperti dua anak cukup, Generasi Remaja (GenRe), dan program lainnya dalam mengendalikan jumlah penduduk di Indonesia.

Program Kependudukan, Keluarga Berencana  dan Pembangunan  Keluarga (KKBPK) memfokuskan 8 Fungsi keutuhan keluarga yakni fungsi ketuhanan yang maha esa, budaya, cinta kasih, perlindungan, kesehatan dan KB, Pendidikan, wirausaha dan lingkungan hidup.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DP2KBP3A Dr.Darmanelly,M.Kes,,  yang menyampaikan dengan gamblang memiliki program Kependudukan, Keluarga Berencana  dan Pembangunan  Keluarga (KKBPK) memfokuskan 8 Fungsi keutuhan keluarga.

Hal ini disampaikan dalam Acara Orientasi  KKBPK Kota Pontianak di ruang pertemuan Kantor Camat Barat

Dihadiri Kepala DP2KBP3A Dr,Darmanelly.M.Kes camat Pontianak Barat, Kabid Pengendalian Penduduk Kabid KB sebagai Moderatror Kasubid  TTG Kader Kampung KB Lurah dan Peserta Undangan.

Acara Di awali Dengan Paparan Kepala DP2KBP3A Dr,Dasrmanelly,M.Kes “Implimentasi dari keberhasilan KAMPUNG KB merupakan direktif Presiden RI dalam upaya merevitalisasi Program KKBPK guna mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan mewujudkan keluarga kecil berkualitas.“Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu  di mana terdapat keterpaduan Program KKBPK dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis,”paparnya.

Secara umum, Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung  atau yang setara melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.Lanjutnya”.

Secara khusus, Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan peran Pemerintah, Pemerintah Daerah, Lembaga Non Pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan, dan pembinaan kepada masyarakat agar turut berperan serta aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai indikator, baik dari Bidang Pengendalian Penduduk dan KB maupun indikator lintas sektor. “Kami mensupport  kinerja BKKBN Lampung dalam peningkatan program KKBPK salah satunya melalui Kampung KB untuk mewujudnya 8 Fungsi Keutuhan Keluarga,”ucapnya. 

Dibagian lain, Camat Pontianak Barat   menyampaikan dalam upaya pencapaian sasaran strategis yang belum tercapai tersebut, Program KKBPK perlu dapat melakukan berbagai langkah penguatan Program KKBPK yang benar – benar memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target atau sasaran program serta penguatan kegiatan – kegiatan prioritas secara komprehensif dan berkelanjutan di seluruh tingkatan wilayah. Jelasnya

Dilanjutkan Paparan Kabid Dalduk Ita Parmita ,SH “Oleh karena itu penguatan sinergitas dan komitmen para pemangku kepentingan dan mitra kerja di seluruh tingkatan wilayah wajib dilakukan. Diharapkan BKKBN dapat berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama dalam menyusun, mengembangkan dan menindaklanjuti berbagai kebijakan dan strategi Pembangunan kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, sehingga pelaksanaan program dan kegiatannya dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat. Paparnya”.5/06/19

Acara Orientasi dalam melaksanakan Program KKBPK tahun 2019 adalah meningkatkan dukungan  Pemerintah Daerah & Mitra Kerja dalam mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui Program KKBPK yang terintegrasi.Dimana hasil yang diharapkan yakni Menguatnya Program KKBPK Dalam Program Prioritas Nasional , Terwujudnya Kampung KB Sebagai Episentrum Program KKBPK , Terpetakannya Bonus Demografi Untuk Kesejahteraan Bangsa , Meningkatnya Akses Dan Kualitas Pelayanan KKBPK dan lainnya.tuturnya”.

Comments are closed.

'